Bincang Masyarakat Adat Stop Kekerasan & Kriminalisasi Masyarakat Adat!

April 13, 2023

Tags:

Bincang Masyarakat Adat bersama Syamsul Agus Alam:

Stop Kekerasan & Kriminalisasi Masyarakat Adat!

Sepanjang 2022, AMAN mencatat 19 kasus konflik Masyarakat Adat yang menyangkut wilayah adat dengan luas hampir 600 ribu hektar. Sementara itu, tindakan kekerasan maupun penangkapan terhadap Masyarakat Adat, terus mengalami peningkatan. Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN) bahkan mendata sedikitnya 17 warga Masyarakat Adat di Tobelo Dalam, Maluku Utara dan Kutai Barat, Kalimantan Timur yang ditangkap polisi hanya dalam waktu sepekan pada Maret 2023 lalu. Potret itu memperburuk situasi kekerasan dan kriminalisasi terhadap Masyarakat Adat di Indonesia.

Apa akar masalah dari maraknya kekerasan dan kriminalisasi tersebut di tengah kemandekan pembahasan RUU Masyarakat Adat yang telah diperjuangkan selama dua puluh tahun? Lalu, seberapa jauh dampak kekerasan dan kriminalisasi itu pada upaya pemenuhan hak Masyarakat Adat? Bagaimana keterhubungan dari berbagai kasus tersebut dengan perampasan wilayah adat dan masifnya proyek pembangunan?

Pada edisi Bincang Masyarakat Adat kali ini, Radio Gaung AMAN kembali menghadirkan Ketua PPMAN Syamsul Alam Agus untuk topik “Stop Kekerasan & Kriminalisasi Masyarakat Adat!”

https://ia801608.us.archive.org/30/items/stop-kekerasan-kriminalisasi-masyarakat-adat/Stop Kekerasan %26 Kriminalisasi Masyarakat Adat%21.mp3

 

Download

Leave a Reply

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*