Khutbah Virtual Edisi 42

Juli 8, 2022

Tags: ,

Khutbah Virtual Edisi 42:
“Kesalingan dalam Relasi Seksual”

Alquran menjelaskan urusan relasi seksual dalam perkawinan dengan indah seolah untuk menegaskan bahwa Allah memahami kebutuhan biologis manusia yang seksual. Dalam relasi tersebut, Islam mengibaratkannya serupa pakaian. Pasangan harus saling melindungi serta memiliki rasa nyaman, aman, dan tenteram. Islam tidak memperkenankan kekerasan di dalam relasi seksual. Tak hanya itu, melainkan pula penekanan pada prinsip kesalingan (mutuality): mereka yang menjalin relasi seksual harus sama-sama menikmati dan saling setara. Irma Riyani mengulas secara mendalam bagaimana kesalingan itu tertuang dalam Alquran dan hadits, khususnya seksualitas perempuan.

Khutbah Virtual merupakan program yang digagas dan dikelola oleh AMAN bersama Public Virtue, Universitas Paramadina, Kitabisa, dan lainnya untuk mengarusutamakan nilai-nilai keberagaman dan kemanusiaan melalui ceramah yang menghadirkan para narasumber dari bermacam latar belakang.

 

Download

 

Leave a Reply

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*