Kabar Komunitas Mengenal Cap Tikus

Juli 7, 2022

Tags: , ,

Di Tanah Minahasa, Sulawesi Utara, pohon enau – atau dikenal dengan seho – merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan komunitas Masyarakat Adat. Seho berperan penting sebagai penjaga keseimbangan ekosistem wilayah adat. Selain itu, seluruh bagian pohon tersebut dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, termasuk cairan enau yang dalam bahasa setempat dinamakan saguer. Saguer umumnya diolah menjadi gula aren dan minuman fermentasi cap tikus. Secara adat, cap tikus merupakan materi ritual yang digunakan sebagai bentuk penghormatan kepada Sang Pencipta dan leluhur. Namun, cap tikus juga telah menjadi bagian dari budaya minum (drinking culture) sehari-hari warga, di mana produksi maupun penjualannya turut menjadi salah satu dari tulang punggung perekonomian keluarga-keluarga Masyarakat Adat di sana.

Simak penjelasan tentang pohon enau atau saguer cap tikus oleh Filo Karundeng, pemuda adat dari Masyarakat Adat Minahasa, untuk Program Kabar Komunitas.

 

Download

Leave a Reply

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*