Khutbah Virtual Edisi 41

Juli 1, 2022

Tags: ,

Khutbah Virtual Edisi 41:
“Spiritualitas Waria”

Islam adalah agama yang penuh kedamaian, kasih sayang, dan cinta (Rahmatan lil ‘Alamin). Masthuriyah Sa’dan mengulas pertanyaan yang kerap mengganggu: “Apakah Islam telah menjadi agama yang seperti itu bagi kelompok minoritas gender dan seksual (LGBTIQ+)?” Ia mengatakan bahwa itu belum karena penafsiran agama yang umum berkembang saat ini (bias dan misoginis) belum berpihak pada kelompok minoritas gender dan seksual, khususnya waria yang belum mendapatkan legitimasi keagamaan. Eksistensi kelompok minoritas gender dan seksual kerap dianggap penyimpangan, pelanggaran kodrat, dosa, dan penghuni neraka. Masthuriyah pun melakukan pembelaan lewat produksi pengetahuan (dan penafsiran Islam): bahwa menjadi waria (individu LGBTIQ+) juga bisa menjadi orang yang beriman melalui berbagai cara dan kebaikan.

Khutbah Virtual merupakan program yang digagas dan dikelola oleh AMAN bersama Public Virtue, Universitas Paramadina, Kitabisa, dan lainnya untuk mengarusutamakan nilai-nilai keberagaman dan kemanusiaan melalui ceramah yang menghadirkan para narasumber dari bermacam latar belakang.

 

Download

Leave a Reply

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*