Pemuda Adat Menjaga Wilayah Adat

Maret 10, 2022

Tags: ,

Pemuda adat tidak tinggal diam ketika ancaman atas perampasan wilayah adat, akhirnya datang. Di berbagai pelosok, para pemuda adat ikut berjuang bersama para perempuan adat dan tetua adat untuk mempertahankan ruang hidup Masyarakat Adat. Kisah-kisah tentang itu melekat dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari konteks perjuangan pemuda adat di Nusantara. Seperti apa pengalaman para pemuda adat dalam menjaga wilayah adatnya?

Dalam Program Bincang Masyarakat Adat yang dipandu oleh Rikson Karundeng dan Michelin, para pemuda adat memaparkan berbagai kasus perampasan wilayah adat dengan perspektif pemuda adat. Erlina Darakay dari Komunitas Masyarakat Adat Rebi di Kepulauan Aru, Maluku, berbagi kisah tentang keterlibatannya dalam kampanye #SaveAru dan #SaveMarafenfen yang tengah berlangsung. Sementara itu, Supriadi Tongka dari Komunitas Masyarakat Adat Anak Talang, Talang Mamak, Indragiri Hulu, Riau, punya cerita tentang serangkaian upaya yang dilakukan untuk mempertahankan wilayah adat yang tersisa lewat patroli hutan adat dan penggalian sejarah.

Pemuda adat bangkit, bersatu, bergerak mengurus wilayah adat!

 

 

Download

Leave a Reply

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*