Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) 2020

Agustus 18, 2020

Tags: ,

Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) adalah perayaan global yang memiliki makna penting bagi Masyarakat Adat di belahan bumi manapun. Sebagai garda terakhir dalam upaya menyelamatkan bumi dari krisis iklim yang semakin parah, menyeruaknya wabah Covid-19 membuat semuanya menjadi lebih sulit. Kini, krisis pangan menjadi problem serius yang diakibatkan oleh kebijakan salah urus Negara dan tergusurnya ruang-ruang produktif, terutama lahan pertanian dan wilayah adat.

Di tengah gempuran pandemi Covid-19, Masyarakat Adat sekali lagi menunjukkan resiliensinya. Bukan hanya bertahan, Masyarakat Adat menjadi solusi dengan kemandirian dan inisiatif-inisiatifnya. Omong kosong kesejahteraan yang dijanjikan oleh invetasi dan gagalnya sistem ekonomi global dijawab dengan otonomi dan penentuan nasib sendiri (Self-Determination) Masyarakat Adat yang mandiri, berdaulat dan bermartabat.

 

Download

 

 

Leave a Reply

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*