Kilas Balik Sejarah Kebangkitan Perempuan Adat Nusantara

Juni 13, 2016

Tags: ,

Perempuan adat di seluruh pelosok nusantara masih mengalami beragam bentuk penyingkiran dan kekerasan, baik diranah domestik, publik dan Negara. Keberadaan konsensi-konsensi didalam wilayah adat oleh Negara berakibat pada penghancuran dan pengkerutan ruang hidup dan wilayah kelola perempuan adat. sementara disisi lain, ruang politik baik di lingkup komunitas maupun Negara bagi perempuan adat menyuarakan kepentingannya masih sempit dan terbatas. Situasi tersebut menyebabkan pencerabutan identitas dan pengetahuan perempuan adat serta pengerusakan atas tubuhnya, anak-anknya serta jiwa-jiwa yang akan lahir.

Menyikapi penghancuran yang sistematis tersebut, perempuan adat menolak untuk diam dan menunjukan posisinya sebagai pejuang perubahan sosial. Dan didasari rasa senasib sepenanggungan serta cita-cita bersama perempuan adat berkumpul dan menggalang kekuatan yang tangguh bersama PEREMPUAN AMAN sehingga mampu mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang setara, adil dan berkelanjutan.

 

 

Download mp3

  • Share This Post

Leave a Reply

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*