Langkah Kaki Urang Kanekes

Oktober 1, 2019

Tags: ,

Bagi Masyarakat Adat di Kanekes (Urang Kanekes) atau akrab kita kenal dengan Baduy, berjalan kaki punya makna lebih dari sekadar upaya melakukan gerak tubuh. Kehidupan mereka di perbukitan di Lebak, Banten, selalu lekat dengan jalan kaki. Aktivitas mereka pergi ke ladang, sungai, hutan, maupun berdagang ke kota, ditempuh dengan berjalan kaki berjam-jam atau berhari-hari. Bahkan, pantang bagi Urang Kanekes Dalam untuk menggunakan alas kaki dan kendaraan. Bagi mereka, berjalan kaki adalah amanah leluhur.

Nurdiyansah Dalidjo bersama Tim RGA bertamu ke rumah Urang Kanekes. Perjalanan pun ditempuh dengan cara berjalan kaki antara perbatasan Baduy Luar dan Baduy Dalam. Selain merasakan sendiri pengalaman berjalan kaki di wilayah adat Baduy, obrolan terkait filosofi di balik “ibadah” jalan kaki pun dilakukan. Ada kekaguman dan penghormatan terhadap kesederhanaan Masyarakat Adat Baduy, termasuk cara mereka merawat hutan secara lestari.

 

Download

 

Leave a Reply

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*